Bagaimana Cara Membuat Airflow yang baik pada Casing PC

November 25, 2017

Merakit komputer sebenarnya sedikit Mudah tapi kebanyakan Pengguna Komputer yang baru belajar merakit biasanya memiliki Masalah pada Airflow atau Sirkulasi udara pada Casing PC miliknya,dan pada Artikel saya Hari ini akan memberikan Tips trik dan tutorial Membuat Airflow Case PC yang baik:

Memilih Case Fan yang Baik


Kebanyakan Casing PC bisa memuat Fan mulai dari 80mm, 120mm, sampai 140mm dan jika ingin membeli Case Fan kalian harus Memperhatikan Slot yang Tersedia di Case kalian,jika hanya support fan 80mm maka kalian harus membeli yang se-ukuran juga.

  • Besar dan Kecil-nya Fan 
Umumnya fan dengan ukuran besar bisa menyedot udara lebih banyak daripada yang ukuran kecil.
  • Kecepatan 
Fan Case biasanya diukur dari kecepatan RPM (Rotation Per Minute) nya,fan yang berkecepatan tinggi bisa menyedot udara lebih banyak tapi mempunyai suara lebih sedangkan fan yang berkecepatan agak rendah mempunyai keunggulan yaitu silent,jadi pilihlah Case Fan yang sesuai dengan Kebutuhan Kalian.
  • Aliran udara atau Tekanan Statis? 
 Case Fan umumnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
  1. Airflow = biasanya lebih silent dan bagus untuk area yang tidak tertutup seperti pada bagian depan Case PC.
  2. Static Pressure = fan ini didesain memiliki kekuatan pull & push lebih besar dari pada tipe Airflow dan bagus untuk Tempat yang memiliki Halangan besar seperti pada Radiator Watercooling atau CPU Cooler yang memiliki ukuran besar.
  • Estetika 
Case Fan jaman sekarang sudah banyak bermunculan yang memiliki fitur tambahan yaitu LED warna-warni seperti RGB dan yang memiliki harga yang lebih mahal daripada Case Fan yang biasa,tapi dengan adanya LED RGB ini tidak mempengaruhi Performa Case Fan anda,jadi pilihlah Case Fan yang tepat untuk PC anda.

Manajemen yang Baik 

Hal yang harus dipikirkan selain Case Fan yang baik adalah Kabel Manajemen dan Kebersihan Case,casing pc yang kotor bisa menyebabkan Aliran udara didalam case menjadi tidak lancar dan kotor malah bisa merusak komponen komputer itu sendiri.


dan yang selanjutnya adalah manajemen kabel,semakin rapih dan teratur dalam mengatur kabel power dalam pc bisa membuat Aliran udara didalam PC menjadi bersih dan tidak terhalang kabel besar apapun,berikut adalah contoh kabel manajemen yang baik adalah sbg berikut:





dan Selanjutnya adalah bagaimana cara penempatan arah Case Fan di dalam casing,biasanya prinsip Udara dingin datang dari bawah dan Udara panas biasanya keluar ke atas.seperti gambar dibawah: 


 sekian tips dari saya semoga bermanfaat :D

1 comment:

  1. Blackjack - The Best Live Casinos in Canada
    Blackjack is 커뮤니티 사이트 one of the most exciting table games to play in 슬롯 머신 규칙 the world. The 토토꽁머니 object of Blackjack is to win a hand that has a total 감사 짤 of 케이 뱃 eight or more hands

    ReplyDelete

Powered by Blogger.