[Tugas Simdig] all about Google Drive

March 08, 2018

Google Drive

Pengertian Google Drive

Google Drive itu adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB,dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga. Bekerja dengan lebih banyak lagi jenis file bila sobat memasang aplikasi Google Drive dari Toko Web Chrome.Google Drive berfungsi pada sejumlah aplikasi yang terus bertambah yang dapat sobat pasang dari Toko Web Chrome. Dengan aplikasi tersebut, sobat dapat mengedit gambar dan video, mengirim faks dan menandatangani dokumen, mengelola proyek, membuat bagan alur, dan banyak lagi. Berapa pun banyaknya aplikasi Google Drive yang telah sobat pasang, sobat juga dapat mengakses seluruh file Anda dalam satu tempat: Google Drive di web. - Miranirahma

Fungsi Google Drive

Google drive yang saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive yang bisa diketahui:

1. Menyimpan Data

 

berbagai format file 


Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.
Google drive bisa diakses melalui drive.google.com dan menyediakan 5GB kapasitas untuk keperluan Anda dan bisa diperbesar dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya. Data yang bisa disimpan dalam google drive adalah data yang dibuat melalui menu google drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain diluar google drive.

2. Membuat dan mengedit dokumen

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.

3. Mengakses fitur google lainnya

 

berbagai fitur google lainnya 

Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.

 Cara Menggunakan Google Drive

- Cara menggunakan Google Drive
  1. Buat akun google drive / sama dengan akun google biasa
  2. masuk ke halaman google drive
  3. login
  4. jika sudah berhasil login maka anda bisa melakukan proses upload-download file.
- Cara membuat Folder di Google Drive
  1. Login ke akun google kalian
  2. masuk ke Google Drive
  3.  Klik pada menu 'New'
  4. jika muncul beberapa pilihan,maka pilihlah 'create new folder'
  5. Lalu Klik menu itu
  6. Isi nama folder sesuai selera kalian
  7. lalu klik create folder
  8. selesai  
 Sebenarnya untuk mengupload file lainnya bisa sangat mudah dilakukan, semua ada di dalam menu 'new' disana kalian bisa mengupload file gambar, movie, music, atau file lainnya.

Manfaat Menggunakan Google Drive

Fitur google drive yang disediakan oleh google memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya sehingga layak untuk digunakan bagi mereka yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi. Manfaat-manfaat yang ditawarkan google drive antara lain :
  • Google drive memungkinkan Anda untuk mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpan maksimal 5GB atau lebih, langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu. Selain itu, google drive juga mmeungkinkan pengguna untuk menshare foto, video dan dokumen dengan orang lain yang tersimpan dalam kontak.
  • Data yang tersimpan dalam google drive bisa diakses dimanapun dan dengan menggunakan komputer atau device yang berbeda karena file telah tersedia dalam web. Anda juga tidak perlu repot-repot menyimpan data dalam USB dan menggunakannya pada saat presentasi.
  • Tidak hanya tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa diakses melalui smartphone dan smartphone sehingga bisa diakses dengan lebih mudah bahkan saat dalam perjalanan.
  • Google drive tersinkronisasi dengan web browser sehingga pengguna bisa mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.
  • Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator ai. dan tipe file lainnya.
  • Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang discan dan disimpan dalam google drive. Misalnya saja jika kita ingin mencari nama seseorang yang ada pada sebuah lembaran koran yang discan dan disimpan dalam drive.
 
Fitur Google Drive
  simak apa saja fitur Google Drive yang diberikan bagi penggunanya.

1. Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.

2.Kapasitas Penyimpanang

Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB. 

3. Sharing & Privasi Hak Akses

Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team. 

Fitur Google Drive-1.png

4.  Search File

Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

Marketing 2017   Google Drive.png

5. Fitur Penerjemah Dokumen

Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.

6. Convert Pdf to Text

Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.

7. Revision History

Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.

No comments:

Powered by Blogger.